Sunday, November 10, 2013

Jembatan Kelok 9, Ikon Infrastruktur Kebanggan Sumatera Barat

 Siapa bilang Indonesia tidak punya ikon infrastruktur yang membanggakan. Kita punya sebuah jembatan yang terletak di Sumatra Barat. Tepatnya terletak di Kabupaten Limapuluh Kota, yang menghubungkan antara Sumatera Barat dan Riau.

Pada awalnya, jalan Kelok 9 yang menghubungkan Sumatera Barat dan Riau selalu dipadati kendaraan, terlebih di hari libur. Dalam sehari, diperkirakan ada 10.000 unit kendaraan berlalu lalang di jalan ini. Hal tersebut cukup mengkhawatirkan ditambah oleh kondisi jalan yang terjal, terdiri dari patahan-patahan dan jurang selain berkelok-kelok. Mengatasi hal tersebut, pemerintah berinisiatif untuk membangun jembatan yang juga dinami Jembatan Kelok 9.

"Kita berinisiatif untuk membuat suatu aliran jalan yang gradasinya lebih baik yang dapat menghubungkan bawah dan atas, dengan satu jembatan walaupun berkelok-kelok tapi tanjakannya sudah kita perhitungkan dengan baik. Lebih landai dibanding jalan di bawahnya," ujar Dirjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum (PU), Djoko Murjanto

Berikut beberapa penampakan dari Jembatan Kelok 9.








 Gimana, bangga dengan karya-karya bangsa kita ?








No comments:

Post a Comment