Sunday, November 10, 2013

Pahlawan





Sebelum ke inti, kita bahas per kata :

Pahlawan (Sanskerta: phala-wan yang berarti orang yang dari dirinya menghasilkan buah (phala) yang berkualitas bagi bangsa, negara, dan agama) adalah orang yang menonjol karena keberaniannya dan pengorbanannya dalam membela kebenaran, atau pejuang yang gagah berani (Wikipedia)


pah.la.wan[n] orang yg menonjol krn keberanian dan pengorbanannya dl membela kebenaran; pejuang yg gagah berani
(KBBI)

Hero 

  • 1a person, typically a man, who is admired for their courage, outstanding achievements, or noble qualities:a war hero
  • the chief male character in a book, play, or film, who is typically identified with good qualities, and with whom the reader is expected to sympathize: the hero of Kipling’s story
  • (in mythology and folklore) a person of superhuman qualities and often semi-divine origin, in particular one whose exploits were the subject of ancient Greek myths.

Dari Definisi tersebut kita bisa menyimpulkan bahwa pahlawan adalah orang yang mempunyai keberanian untuk mengorbankan dalam membela kebenaran.



Dalam cerita perwayangan dikenal tokoh Arjuna dari Pandawa dinilai sebagai pahlawan yang membela kebenaran dari kebatilan. Pahlawan juga dipandang sebagai orang yang dikagumi atas hasil tindakannya, serta sifat mulianya, sehingga diakui sebagai contoh dan tauladan.

Pahlawan sering dikaitkan dengan keberhasilan dalam prestasi gemilang dalam bidang kemiliteran. Pada umumnya pahlawan adalah seseorang yang berbakti kepada masyarakat, negara, bangsa dan atau umat manusia tanpa menyerah dalam mencapai cita-citanya yang mulia, sehingga rela berkorban demi tercapainya tujuan, dengan dilandasi oleh sikap tanpa pamrih pribadi.

No comments:

Post a Comment