Sunday, November 10, 2013

Mengapa banyak sekali larangan di SPBU?

Saat ini banyak sekali pelajar -terutama SMA- yang menggunakan kendaraan, terutama motor. Semua oranag pasti tau lah ya? Kalau motor mau jalan, harus ada bensinnya. Nahlah pas kita isi bensin di pom, kita suka menjumpai berbagai larangan yang ditulis besar. Seperti dilarang merokok, dilarang memotret, matikan mesin, dan matikan handphone. Tapi buat apa semua larangan itu?




DILARANG MEROKOK
Pasti kita udah taulah ya alesan buat yang satu ini. Kalau ngerokoknya ga pake api sih ga akan masalah kali. Tapi di ujung rokok, meskipun sedikit tapi ada bara apinya. Dikhawatirkan api yang secuir itu bikin bahan bakarnya (bensin, solar dkk) meledak. Secaralah ya bensin kan termasuk zat yang mudah terbakar/meledak.

DILARANG MEMOTRET
Kenapa ada larangan gini? Apa gara gara petugas pomnya takut terkenal? Atau orang dilarang narsis di pom bensin? Alesan yang benernya itu gara gara blitz atau flash kameranya. Kalian pasti pernah denger matahari bisa membakar kertas? Nah mangkannya di pom bensin ada atapnya. Nah apa hubungannya sama kamera? Flash kamera itu kan cukup terang, takutnya memicu percikan api gara gara gara bereaksi dengan uap bensin. Ya udah sih, paling aman jangan foto foto di pom bensin.

MATIKAN MESIN
Kalau aku liat sih, umumnya pas nyampe didepan tempat pengisian bensin, mesinnya pada langsung dimatiin. Dan ini wajib. Kenapa? Takutnya mesin kendaraan yang panas -lagi lagi- memicu percikan api.

MATIKAN HANDPHONE
Yang lain lain sih pada masuk akal ya? Tapi hape kenapa harus dimatiin pas ngisi maupun antri saat mengisi bensin. Katanya sih gara gara radiasi dari hape bisa menimbulkan percikan api.


Dari beberapa larangan diatas, semuanya menjaga agar jangan sampai ada percikan api. 4 hal diatas gampang kan dilakuin? Mending diturutin aja. Sebelum menyesal gara gara motor kita meledak. Oh ia maaf ditulisan aku ini aku hanya menyebut bensin, karena umumnya kita menggunakan bensin. Jarang kan pake pertamax atau solar? Tapi aturan diatas juga berlaku buat pertamax dan solar.
Semoga bermanfaat


Dari berbagai sumber.

No comments:

Post a Comment